Tinjauan Kurikulum Ekonomi Syariah STAI Al-Bahjah: Memperkuat Kompetensi Lulusan.

Tinjauan Kurikulum Ekonomi Syariah STAI Al-Bahjah: Memperkuat Kompetensi Lulusan.
Oleh: Kartika Novitasari, M.E

Jumat, 24 Syawal 1445H / 03 Mei 2024 Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Bahjah mengadakan acara Tinjauan Kurikulum. Acara tersebut menghadirkan Bapak Dr. Abdul Aziz., M. Ag. yang merupakan Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan Bapak Toheri,S.Si,M.Pd. yang merupakan Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai pemateri serta dihadiri oleh segenap Dosen dan jajaran Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Bahjah.


Banyak hal yang disampaikan oleh kedua pemateri yang dapat diambil sebagai bahan untuk semakin mamperkuat kompetensi lulusan Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Bahjah Cirebon. Terutama penekanan pada integrasi ilmu keislaman dan pengetahuan ekonomi syariah modern menjadi fokus utama.


Peninjauan kurikulum membuka peluang untuk menyesuaikan konten dengan perkembangan terkini. Penambahan mata kuliah seperti “Fintech Syariah” atau “Ekonomi Digital Syariah” dipertimbangkan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan beradaptasi di era teknologi keuangan yang terus berkembang. Selain itu, mata kuliah pilihan yang beragam seperti “Ekonomi Islam Makro” dan “Manajemen Syariah” memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam spesialisasi mereka. Dengan penyesuaian kurikulum ini, STAI Al-Bahjah Cirebon berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki landasan ilmu yang kuat, namun juga siap berkontribusi secara profesional di ekosistem ekonomi syariah yang dinamis.

Program praktik kerja dan penelitian juga akan ditingkatkan kualitasnya. Kerjasama dengan berbagai lembaga keuangan syariah terkemuka akan diupayakan untuk memberikan mahasiswa pengalaman langsung yang relevan dengan bidang pilihan mereka. Melalui penyesuaian kurikulum ini, lulusan program Ekonomi Syariah STAI Al-Bahjah diharapkan menjadi SDM unggul yang tidak hanya menguasai ilmu dan praktik ekonomi syariah, namun juga mampu menjawab tantangan dan peluang di masa depan. Dengan demikian, kontribusi lulusan terhadap pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia akan semakin optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.