Asesmen Lapangan Pendirian STAI Al-Bahjah oleh BAN-PT dan Kasubdit Kelembagaan PTKI Kementrian Agama Republik Indonesia

Cirebon, pada hari Ahad tanggal 15 Ramadhan 1443H yang bertepatan dengan tanggal 17 April 2022 M, Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon menyambut tamu-tamu mulia dari Asesor BAN-PT dan Kasubdit Kelembagaan PTKI Kementrian Agama Republik Indonesia. Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. dan Dr. Hj. Sururin, M.Ag. sebagai Asesor dari BAN-PT. Dr. Thobib Al-Asyhar, S.Ag., M.Si. Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat PTKI dan Dr. A. Rafiq Zainul Mun’im, M.Fil.I Sub Koordinator Bina PTKIS pada Direktorat PTKI. Selain Asesor dari BAN-PT dan kasubdit Kelembagaan, hadir juga para staff dari kementrian agama di antaranya adalah Vera Astuti Rohayati, SE. dan  Arini Dina Yusofa, SS keduanya adalah Staf Pelaksana Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat PTKI.

Sebelum kegiatan Asesmen Lapangan di gelar pada hari Ahad, 17 April 2022, para tamu telah hadir sejak Sabtu 16 April 2022 pukul 15.00 WIB di Hotel Santika Cirebon dilanjutkan dengan Silaturrahim ke kediaman Buya Yahya pengasuh LPD Al-Bahjah sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Pertemuan silaturahim ini membahas tentang urgensitas pendidikan bagi generasi penerus. Buya Yahya menyampaikan bahwa generasi kita membutuhkan lembaga pendidikan yang berkualitas yang benar-benar menjamin mutu pendidikannya dari tingkat yang paling dasar sampai tingkatan perguruan tinggi.  Pendapat ini diamini oleh Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. dan Dr. Hj. Sururin, M.Ag. dengan menjelaskan adanya beberapa lembaga pendidikan yang setelah berdiri tidak dirawat sehingga kualitasnya semakin menurun dan tidak menghasilkan lulusan yang diharapkan.

 

Pada hari Ahad pagi, 17 April 2022, Prof. Ni’am dan Dr. Sururin menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Wali Agung Syaikh Syarif Hidayatullah atau yang terkenal dengan Sunan Gunungjati. Kegiatan ziarah ini sudah menjadi kebiasaan Prof. Ni’am dan Dr. Sururin setiap kali melakukan Visitasi atau Asesmen Lapangan di kota manapun. Ziarah para wali merupakan kegiatan spiritual yang sangat penting, karena ziarah dapat memberikan sugesti positif dalam perjalanan hidup seseorang, selain keberkahan yang diharapkan, hajat-hajat dunia dan akhirat pun bisa di dapat.

 

Kegiatan Asesmen Lapangan dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan dan  verifikasi data dengan fakta.  Asesor bertanya tentang STAI Al-Bahjah dalam 9 kriteria yang tertuang dalam borang pengajuan institusi. Alhamdulillah, hasil Asesmen Lapangan secara umum merekomendasikan didirikan STIT karena baru dua prodi yang sudah memenuhi syarat minimum akreditasi BAN-PT yaitu Prodi Tadris Matematika dan Prodi Manajemen Haji dan Umroh, dan akan direkomendasikan menjadi STAI Al-Bahjah jika ada minimal tiga prodi yang memenuhi standar minimum akreditasi BAN-PT. Asesor memberikan masukan yang sang

at berharga sekali terkait rencana induk pengembangan (RIP) dan rencana strategis (renstra) dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Asesor juga mengarahkan agar buku-buku pedoman dipersiapkan lebih baik dan lebih matang, karena buku tersebut merupakan acuan berjalannya perguruan tinggi setelah SK dikeluarkan.

Buya Yahyadan segenap pengurus Pondok Pesantren Al-Bahjah mengucapkan terima kasih kepada para Asesor, Kasubdit Kelembagaan dan Kasi Subordinat Kelembagaan beserta seluruh rombongan. semoga Allah swt membalas dengan segala kebaikan. Amiin. (Sae)

Penyerahan Hasil AL
Prof. Dr. Syamsun Ni’am menyerahkan dokumen kepada Kadiv Formal Ust. Gunawan MPd

Leave a Comment

Your email address will not be published.