Tinjauan Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Bahjah

Tinjauan Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Bahjah
Oleh : Ustadzah Fatimah Azzahro, M.Pd

Hari Selasa 21 Mei 2024, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Bahjah mengadakan kegiatan tinjauan kurikulum. Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbarui materi pembelajaran agar tetap relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta kebutuhan dunia kerja. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Ustadz Gunawan, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi materi ajar. Beliau juga mengapresiasi kehadiran para peserta yang terdiri dari dosen dan pakar pendidikan.


Pakar pendidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam, Prof. Dr. Asep Kurniawan, M.Ag memberikan arahan terkait kurikulum yang ideal, termasuk mata kuliah inti dan pilihan, serta metode pengajaran yang digunakan. Selanjutnya beliau mengarahkan untuk membuat pemetaan capaian pembelajaran dan bahan kajian melalui matriks pemetaan yang tersedia. Hal ini bertujuan agar mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa memiliki capaian yang jelas dan dapat mengeliminasi mata kuliah yang kurang relevan dengan capaian pembelajaran serta profil lulusan yang diinginkan.

 
Selain itu, Prof. Dr. Asep Kurniawan, M.Ag menelaah dan membahas kurikulum yang digunakan pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam di STAI Al-Bahjah. Presentasi ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kelebihan dan kekurangan kurikulum yang ada. Dalam peninjauan tersebut mengevaluasi relevansi dan isi mata kuliah inti, penilaian terhadap variasi dan relevansi mata kuliah pilihan, inovasi dalam metode pengajaran untuk meningkatkan interaktivitas dan partisipasi mahasiswa, serta pengembangan sistem evaluasi yang lebih komprehensif. Diskusi ini menghasilkan berbagai ide dan rekomendasi untuk perbaikan kurikulum.


Berikut beberapa rekomendasi utama yang dihasilkan dari diskusi: revisi mata kuliah inti dengan penambahan mata kuliah baru yang relevan dan pengurangan mata kuliah yang dianggap kurang penting; adanya persiapan untuk kerja lapangan yang bertujuan memperkuat kompetensi praktis mahasiswa; penerapan metode pengajaran interaktif seperti contextual instruction, problem based learning, dan project-based learning; serta pembiasaan mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan.


Dengan tinjauan kurikulum ini, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di STAI Al-Bahjah berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Semua pihak yang terlibat berharap perubahan yang diusulkan dapat segera diterapkan dan memberikan dampak positif bagi seluruh civitas akademika. Kegiatan ini menunjukkan komitmen STAI Al-Bahjah dalam memberikan pendidikan yang terbaik dan selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.