Kunjungan Kasubdit Kelembagaan dan Kasubdit Pengembangan Akademik Kemenag RI ke Pondok Pesantren Al-Bahjah

Sendang– Pondok Pesantren Al-Bahjah pada hari Selasa, 9 Jumadil Ula 1443H yang bertepatan pada 14 Desember 2021M, menyambut tamu-tamu istimewa. Kedua tamu tersebut adalah Bapak Dr. Syafi’i, M.Ag Kasubdit Pengembangan Akademik Kemenag RI bersama Bapak M. Adib Abdusshamad, Ph.D Kasubdit kelembagaan Kemenag RI.

 

Kedatangan Bapak M. Adib Abdusshamad, Ph.D

dan Bapak Dr. Syafi’i adalah dalam rangka bersilaturrahmi dengan pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Buya Yahya, sekaligus menyampaikan webinar yang diikuti oleh seluruh pengurus cabang Al-Bahjah di seluruh Indonesia bahkan dari cabang Malaysia.

Webinar yang diadakan oleh Yayasan Al-Bahjah bekerjasama dengan Kemenag RI ini mengangkat tema ” Penguatan dan peningkatan mutu lembaga pendidikan Al-Bahjah di masa pandemi.” Tidak dapat dipungkiri bahwa Yayasan Al-Bahjah sebagai lembaga yang sedang berkembang dan memiliki cabang lebih dari 40 cabang, sangat membutuhkan masukan dari lembaga resmi pemerintah untuk mensuport pengembangan dan penguatan lembaganya.

 

Buya Yahya menyampaikan sambutannya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah sebagai pembuka acara webinar ini. Dalam sambutannya Buya Yahya menegaskan bahwa pertemuan-pertemuan dalam upaya khidmah kepada umat Nabi Muhammad SAW harus diiringi dengan keikhlasan di dalam hati dan didasari atas cinta karena Allah swt. Sambung hati adalah kunci kesuksesan setiap hubungan dan relasi manusia, lanjut Buya Yahya. Terakhir, Buya Yahya berdoa dan memohon kepada Allah swt agar pertemuan ini memberikan manfaat yang luas kepada umat Islam.

Bapak Dr. Syafi’i sebagai pemateri pertama membicarakan berbagai macam syarat dan mekanisme penguatan lembaga, terutama berkaitan dengan rencana Yayasan Al-Bahjah mendirikan Sekolah Tinggi. Bapak Dr. Syafi’i dengan lugas dan tegas menjelaskan setiap detail dari materi yang disimak dengan seksama oleh para peserta webinar dari seluruh Indonesia.

Bapak M. Adib Abdusshamad, Ph.D menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kekuatan pondok pesantren adalah pada sosok figur Kyai yang senantiasa mengayomi dan membimbing para santri, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kegiatan santri yang sangat bermanfaat dan menjadi ciri khas santri sebagai penuntut ilmu adalah kegiatan ubudiyah yang sangat ditekankan serta pendidikan karakter yang sangat diperhatikan.

kegiatan Webinar ini ditutup dengan doa keberkahan oleh Buya Yahya dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.